MUSLIMAH

Simak Gaes, Prinsip – prinsip berpakaian menurut Islam

Prinsip Pakaian Menurut Islam

NanaIdea – Agama Islam telah memberikan aturan yang sangat jelas dalam beribadah maupun bermuamalah kepada seluruh Ummatnya, tak terkecuali mengenai aturan berpakaian, lalu bagaimanakah prinsip – prinsip berpakaian menurut Islam?

Simak terus Artikel ini Ya Gaes. Insya Alloh akan kita tuliskan beberapa hal ataupun ketentuan mengenai prinsip – prinsip berpakaian yang sudah ditentukan oleh agama Islam.

Stay Tuned aja dulu di Artikel ini yak, coba baca deh sampek selesai ya..

Fungsi Pakaian Menurut Islam

Secara fungsi, bagi Muslimin maupun Muslimah yang paling utama tentang fungsi pakaian adalah Harus menutupi Aurat. Batasan – batasan Aurat bagi Pria dan Wanita tentunya berbeda – beda menurut ajaran agama Islam.

Nanti Insya Alloh kita bahas ya…

Fungsi Pakaian selanjutnya selain sebagai penutup Aurat adalah untuk menjaga tubuh bagi pemakainya serta menjaga penampilan juga ya Gaes.

Dan yang terpenting terkait hal ini adalah sebagai Sarana untuk meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Alloh Subhanahu Wata’ala.

Karena Sebaik – baik Pakaian adalah Taqwa kepada Alloh Subhanahu Wata’ala.

Baca Juga : Belajar Thaharah

Ketiga hal diatas merupakan bagian dari prinsip-prinsip berpakaian menurut Islam.

Seluruh hal yang dilakukan oleh umat manusia telah diatur dalam agama islam, tak terkecuali tentang hal – hal berpakaian bagi muslimin maupun muslimat.

Bagi Pria maupun Wanita.

” Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.”

Al – Quran Surat Al – A’raf ayat 26

Ada hal lain yang mengatur kita pria dan wanita terkait prinsip – prinsip berpakaian selain yang dijelaskan diatas

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai norma dan etika berpakaian, seperti kepatutan, kerapian dan keindahan.

Contohnya begini Gaes, aurat laki – laki itu dari pusar hingga ke Lutut. Lalu pantaskah kita jika saat kita beraktivitas ke kantor hanya mengenakan celana panjang dan bertelanjang dada?

Atau saat ke sekolah hanya menggunakan celana pendek di bawah lutut?

Tentu hal diatas itu termasuk tidak sopan ya Gaes. Itulah yang kami maksudkan dengan norma kepatutan, keindahan dan kerapian.

Pengertian Aurat, Pria maupun Wanita

Ada perbedaan antara Aurat laki-laki dengan Aurat Perempuan.

Perempuan wajib menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan sedangkan pada laki-laki, yang menjadi batasan aurat adalah dari pusar hingga ke lutut.

Lalu adakah batasan Aurat pada wanita maupun pria yang dibolehkan dilihat oleh wanita maupun pria?

Aurat pada wanita muslimah adalah segala sesuatu yang wajib ditutupi dan tidak diperlihatkan dari badannya.

Prinsip Berpakaian Menurut Islam
Pakaian Takwa – Source : Pexels.com

Yang berarti seluruh badan perempuan adalah aurat kecuali yang dikecualikan. Dan menurut Abdullah Ibnu Abbas mengenai yang dikecualikan disini adalah Wajah dan Kedua Telapak Tangan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa seluruh tubuh wanita adalah aurat kecuai yang diperkecualikan tadi.

Dan Jika seorang wanita keluar rumahnya, Syetan akan memperindahnya, So bagi kaum Adam alias laki – laki be aware ya, hati – hati dan jaga pandangan pack..

Sedangkan untuk PRIA, Sebagian ulama mengatakan batas minimal aurat laki-laki itu adalah perut pusar Sampai lutut.

Tapi batas adab nya tata krama nya adalah harus dari pundaknya sampai ke atas mata kakinya.

Prinsip Pakaian Wanita Muslimah Menurut Syariat Islam

Bagaimanakah Pakaian wanita muslimah yang benar sesuai syariat Islam?

Islam telah memberikan aturan yang sempurna bagi seluruh penganutnya, tak terkecuali dalam hal berpakaian, terkhusus lagi bagi kaum wanita.

Wanita Muslimah disyariatkan untuk memperhatikan hal – hal berikut ini berkaitan dengan pakaian yang dikenakannya, terutama saat keluar dari Rumahnya.

Yang Pertama, Wanita Muslimah disyariatkan alias diwajibkan untuk menutup Aurat. Sudah tahu kan batas – batas aurat wanita seperti yang sudah dijelaskan di atas ?

Terkecuali Wajah dan Telapak tangan, ini artinya telapak kaki juga wajib ditutupi ya Shalihah. Gunakan kaos kaki khusus Muslimah.

Yang Kedua, Gunakan pakaian yang tidak transparan alias tidak tipis. Dan juga tidak ketat, sehingga berpotensi memperlihatkan lekuk tubuh.

Solusinya gunakan pakaian yang longgar yang sesuai syari. Banyak kan sekarang bermunculan produk – produk Gamis Syari produksi anak negeri di Indonesia.

Yang Ketiga, Tidak menyerupai pakaian pria ataupun Non Muslim.

Yang Keempat, pakaian tersebut terbebas atau tidak mengandung Salib ataupun atribut Non Muslim lainnya. Serta tidak terdapat gambar makhluk yang bernyawa.

Yang Kelima, Bukan merupakan pakaian kesombongan dan pemborosan. Apalagi kalo hanya untuk saling mewah – mewahan, BIG NO ya Shalihah.

Dan yang terpenting Bahan dari Pakaian tersebut berasal dari Bahan yang SUCI dan Halal.

Yang Keenam, Saat keluar Rumah, Wanita tidak dibolehkan menggunakan Parfum sehingga tercium baunya oleh Para Lelaki.

Nah Keenam hal diatas merupakan prinsip – prinsip berpakaian menurut Islam bagi Muslimah.

Adab Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Temen – temen selanjutnya kita bahas mengenai Adab berpakaian sesuai syariat Islam ya Gaes.

Berikut adalah penjelasan mengenai Adab Berpakaian :

Menjaga Kebersihan Pakaian

Dari Jabir bin Abdullah ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendatangi kami, lalu beliau melihat seorang laki – laki yang rambutnya acak – acakan. Maka beliau bersabda : “Tidakkah orang ini mendapatkan sesuatu yang dapat digunakan untuk merapikan rambutnya?” kemudian beliau juga mendapati seorang laki – laki yang bajunya kotor, beliau bersabda : “Tidakkah orang ini mendapatkan air hingga ia dapat mencuci bajunya?” (HR. Abu Dawud:4062)

Selain untuk enak dipandang, juga menjaga kesehatan kita.

Memulai berpakaian dari sebelah kanan atau memasukkan dari bagian tangan atau badan sebelah kanan.

Imam Tarmidzi Rahimahullah berkata : Telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali Al – Jahdhami berkata, telah menceritakan kepada kami Abdu Ash Shamad bin Abdul Warits berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Al-A’masy dari Abu Shalih dari Abu Hurairah ia berkata, ” Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengenakan baju, beliau selalu memulai dari yang kanan.” (HR. Tarmidzi : 1766)

Laki – Laki dilarang Mengenakan Pakaian yang terbuat dari Sutera.

Dalam Hadits Abu Dawud nomer 4057, Rasulullah pernah mengambil sutera lalu meletakkannya pada sisi kanannya, dan mengambil emas lalu meletakkannya pada sisi kirinya. Kemudian beliau bersabda:”Sesungguhnya dua barang ini haram bagi umatku yang laki-laki.”

Berpakaian bukan untuk Kesombongan.

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : ” Dahulu ketika ada seseorang yang berjalan dan ia merasa bangga dengan mantelnya yang indah, tiba – tiba bumi beserta isinya ditenggelamkan, dan diapun ikut terbenam ke dalam perut bumi sembari meronta – ronta hingga hari kiamat nanti.” (HR. Muslim : 2088)

Baca Juga : Cara Bertayamum

Tidak berpakaian layaknya orang telanjang

Di Zaman yang penuh fitnah ini, salah satu fitnah terbesar adalah dari Kaum Wanita.

Sangat banyak wanita – wanita yang berpakaian tapi seperti telanjang. Ini dikarenakan pakaian yang digunakan sangat tipis, ketat hingga memperlihatkan lekuk tubuh sehingga menimbulkan rangsangan syahwat bagi pria yang melihatnya.

Laki – laki tidak berpakaian menyerupai perempuan begitupun sebaliknya perempuan tidak menggunakan pakaian yang menyerupai Laki – laki.

Alloh melaknat laki – laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki – laki. (HR. Bukhari : 5585)

Do’a Berpakaian

Kita sebagai seorang muslim memang sudah sepantasnya memperhatikan kelayakan pakaian yang akan kita gunakan, tentunya memperhatikan adab saat berpakaian yaitu berdoa ketika akan memakai pakaian.

Harapannya tak lain, semoga Alloh karuniakan keberkahan pada setiap pakaian yang kita gunakan pada khususnya dan keberkahan pada kehidupan kita pada umumnya. Insya Alloh.

Mudah – mudahan Artikel Singkat ini bisa jadi Ilmu dan menambah Wawasan kita mengenai prinsip – prinsip berpakaian menurut Islam ya Gaes.

Wallahu ‘Alam Bishowab…

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *