MANFAAT BUAH

10 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui

Wanita yang sedang menyusui anaknya memiliki kebutuhan nutrisi khusus. Secara umum, mereka harus menambahkan rata-rata 500 kalori ke dalam makanan sehari-hari mereka untuk memastikan nutrisi yang baik untuk diri mereka sendiri dan bayi mereka. Sertakan makanan kaya nutrisi tertentu ke dalam diet Anda untuk membantu Anda mengatasi tuntutan menyusui dan menjaga kesehatan Anda dan bayi Anda. Selain itu, minum banyak air atau cairan lain untuk mengisi kembali apa yang hilang melalui menyusui.

Ikan

Ikan merupakan sumber yang kaya protein berkualitas tinggi untuk ibu menyusui. Ikan tertentu yang dikonsumsi utuh, tulang dan semuanya – misalnya sarden kalengan – juga merupakan sumber kalsium yang baik. Ikan berlemak seperti:

  • ikan salmon

  • ikan haring

  • teri

  • ikan cod hitam

  • trout adalah sumber makanan terbaik untuk memberikan DHA

  • asam lemak omega-3 yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak yang optimal

Namun, perlu diingat bahwa beberapa ikan mengandung merkuri yang sangat tinggi, yang dapat membahayakan otak bayi Anda. Hindari ikan seperti tuna, mackerel, hiu, dan ikan todak.

yogurt 15 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui

Yogurt mengandung kalsium dan protein yang tinggi, dua nutrisi yang kemungkinan besar Anda perlukan dalam dosis ekstra saat Anda menyusui. Yoghurt merek tertentu juga mengandung biakan bakteri probiotik hidup – mikroogranisme bermanfaat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan yang baik untuk Anda dan bayi Anda. Smoothie yogurt menjadi camilan atau sarapan yang enak untuk ibu menyusui.

Pengacara

Asam folat adalah nutrisi penting selama kehamilan, ketika berkontribusi pada perkembangan yang tepat dari sistem saraf pusat. Namun, bayi yang disusui juga membutuhkan pasokan asam folat yang baik untuk membantu melanjutkan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat. Alpukat kaya akan asam folat serta vitamin C, vitamin E, dan kalium. Mereka juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan peningkatan kalori karena konsentrasi tinggi lemak tak jenuh tunggal – itu adalah lemak "baik" yang membantu menyeimbangkan kadar kolesterol Anda.

Keju Bisakah Wanita Hamil Makan Kacang Pistachio?

Keju adalah sumber protein dan kalsium yang baik. Makanlah irisan keju dengan biskuit multigrain untuk meningkatkan serat dan vitamin. Siapkan keju pra-iris atau potong dadu di lemari es untuk camilan yang nyaman. Sekarang setelah Anda tidak lagi hamil, keju lunak dan keju yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi tidak lagi terlarang.

Telur

Telur penuh dengan protein berkualitas tinggi serta vitamin A, vitamin B12, riboflavin, zat besi dan seng. Beberapa merek telur telah diperkaya dengan DHA. Telur dapat disiapkan dengan berbagai cara, yang juga menjadikannya makanan yang nyaman dan serbaguna untuk ibu menyusui.

Daging merah

Daging sapi dan domba tanpa lemak adalah makanan yang sangat baik untuk ibu menyusui. Mereka memberikan banyak protein dan zat besi ditambah vitamin B12, yang dibutuhkan untuk perkembangan neurologis yang tepat. Seng membantu pertumbuhan tulang dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

sayuran hijau

Mereka adalah sumber kalsium nondairy utama dan kaya akan asam folat, yang keduanya dibutuhkan bayi Anda. Sayuran berdaun hijau gelap juga menawarkan dosis padat vitamin A dan C, serta zat besi dan serat.

Sayuran

Legum adalah istilah umum untuk kacang-kacangan, lentil, dan kacang polong kering. Mereka semua terkait secara botani dan memiliki profil nutrisi yang serupa. Ibu menyusui harus memperhatikan kadar folat mereka yang tinggi. Mereka juga merupakan sumber protein, zat besi, dan seng vegetarian yang penting. Sayuran juga tinggi serat. Mereka adalah makanan serbaguna yang dapat menemukan ceruk di hampir semua diet – pikirkan cabai, hummus, kacang-kacangan dan nasi atau sup miju-miju.

Berry

Blueberry, raspberry, blackberry dan kerabatnya dikemas dengan antioksidan, seperti vitamin A dan vitamin C. Stroberi juga menambahkan sedikit kalsium ke dalam campurannya. Mereka juga salah satu makanan ringan yang paling nyaman di sekitar – sangat penting bagi ibu menyusui yang sering membutuhkan nutrisi ekstra saat bepergian. Makan mereka segar atau kering.

Gila

Kacang pohon dikemas dengan protein dan sumber serat yang baik. Kenari kaya akan asam lemak omega-3, almond menawarkan kalsium ekstra, dan kacang mete memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang tinggi. Beberapa orang khawatir tentang kandungan lemak kacang yang tinggi, tetapi sebagian besar lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal yang "baik". Seperti buah beri, mereka adalah makanan ringan yang nyaman untuk dimiliki ibu menyusui saat rasa lapar menyerang. Kacang tanah bukanlah kacang pohon sejati melainkan kacang polong – masih merupakan pilihan yang bagus, secara nutrisi, tetapi dengan profil nutrisi yang berbeda. Makan kacang saat menyusui umumnya aman untuk bayi Anda. Kecuali alergi kacang terjadi di keluarga Anda, sangat tidak mungkin protein kacang yang diteruskan melalui ASI Anda akan menyebabkan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *