SKINCARE

Penyebab dan pengobatan jerawat jamur

Apa itu jerawat jamur?

Jerawat jamur (AKA Pityrosporum folliculitis atau Malassezia folliculitis) sangat mirip dengan jerawat hormonal atau jerawat bakteri tetapi sebenarnya sangat berbeda. Faktanya, itu bahkan bukan jerawat sama sekali! Sementara bakteri menyebabkan jerawat biasa, jerawat jamur disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari flora kulit abnormal lainnya — Anda dapat menebaknya — jamur!

Jamur ini "memakan" minyak pada kulit kita baik dari minyak kulit kita sendiri (sebum) atau minyak lain atau krim kaya minyak yang dioleskan ke kulit. Bagi sebagian orang, infeksi jamur ini mengakibatkan kelainan kulit yang disebut Tinea versikolor. Di tempat lain, ini menyebabkan infeksi pada folikel rambut yang menyerupai jerawat tradisional—benjolan merah seperti jerawat dengan komedo putih sesekali. Berbeda dengan jerawat asli, di mana Anda mungkin melihat banyak jenis lesi jerawat yang berbeda bersama-sama (beberapa komedo, beberapa papula, beberapa kista), pada jerawat jamur, ada penampilan yang seragam pada benjolan … dan mereka sering gatal!

Di manakah lokasi jerawat jamur?

Karena jamur Pityrosporum dan Malassezia bergantung pada minyak untuk bertahan hidup, jerawat jamur paling sering terjadi di area wajah dan tubuh yang kaya minyak seperti dahi (zona-t), sisi hidung, dagu dan punggung atas, dada, dan bahu. Ini dapat muncul di area yang sama dengan jerawat tradisional dan dermatitis seboroik dan bahkan dapat terjadi secara bersamaan. Jika Anda tidak yakin dengan kondisi kulit yang Anda miliki, konsultasikan dengan dokter setempat, atau hubungi dokter kulit.

Pityrosporum folliculitis pada pekerja konstruksi berusia 34 tahun. Kondisi ini berkembang setelah bekerja di lingkungan yang panas dan lembab selama beberapa hari. (Georgios Gaitanis dkk. Genus Malassezia dalam Penyakit Kulit dan Sistemik).

Apa pembersih terbaik untuk orang dengan jerawat jamur?

Orang dengan jerawat jamur harus mencari pembersih yang mengandung asam salisilat dan ekstrak teh hijau. Asam salisilat adalah agen keratolitik yang digunakan untuk infeksi kulit jamur. Ini menyebabkan pengelupasan lapisan stratum korneum kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan jamur. Teh hijau kaya akan katekin, antimikroba dan antijamur, serta membantu menghancurkan spora bakteri dan jamur. Dalam satu penelitian, subjek dengan infeksi Malassezia menjalani terapi mandi menggunakan ekstrak teh hijau tiga kali seminggu selama empat periode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek mengalami penurunan gejala kulit yang signifikan,

Apa yang menyebabkan jerawat jamur (Pityrosporum folliculitis)?

Kulit kita memiliki mikrobioma (yaitu, sistem kekebalan) dengan keseimbangan bakteri dan ragi. Masalah pada jerawat tradisional dan jerawat jamur adalah ketika ada sesuatu yang menghilangkan keseimbangan ini.

  • Iklim: Karena ragi tumbuh subur di tempat yang hangat dan lembab, jerawat jamur lebih sering terjadi di iklim dan musim seperti ini. Menariknya, 56% orang dengan jerawat di Filipina (panas dan lembab!) memiliki jerawat bakteri dan jerawat jamur biasa—tingkat yang jauh lebih tinggi daripada rata-rata!
  • Antibiotik: Penggunaan antibiotik topikal jangka panjang seperti klindamisin atau antibiotik oral seperti doksisiklin dan minosiklin dapat memperburuk jerawat jamur. Dengan membunuh bakteri (baik dan buruk!), antibiotik memungkinkan jamur di kulit berkembang biak. Dalam sebuah studi klinis yang mengamati orang-orang dengan jerawat jamur, enam dari enam kasus sebelumnya diobati dengan antibiotik topikal atau oral. Dua dengan klindamisin, 2 dengan eritromisin, dan dua dengan minosiklin oral. Ini adalah alasan lain untuk menghindari antibiotik topikal atau oral saat mengobati jerawat. Pilihan yang lebih baik untuk mengobati jerawat umum dan jamur adalah benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinol.

  • Kebersihan: Apakah kami menyebutkan lingkungan yang hangat dan lembab seperti ragi? Apakah itu membunyikan lonceng tentang salah satu tempat yang sering Anda kunjungi…misalnya, gym? Memulai program olahraga baru, mengenakan pakaian olahraga yang salah, dan/atau membiarkan pakaian berkeringat terlalu lama di tubuh Anda semua dapat menyebabkan jerawat jamur dan apa yang dikenal sebagai folikulitis.

  • Produk Perawatan Kulit: Apakah kami juga menyebutkan pakan ragi pada minyak? Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit atau makeup yang mengandung minyak (bahkan dalam jumlah sedikit), itu bisa menjadi pemicu.

  • Diet: Meskipun diet biasanya bukan penyebab awal munculnya jerawat jamur, begitu ada ketidakseimbangan yang ada, diet Anda—yang tinggi gula (makanan favorit ragi lainnya!)—pasti bisa menjadi faktor penyebabnya!
  • Steroid: Mengambil kortikosteroid oral, dan terutama prednison, adalah kemungkinan penyebab lain dari jerawat jamur. (Pityrosporum folikulitis). Jerawat jerawat jamur biasanya akan mulai dua minggu setelah seseorang mulai menggunakan steroid. Jenis jerawat yang diinduksi steroid ini juga dapat disebabkan oleh inhalasi steroid, hormon binaraga, dan krim steroid topikal kuat yang digunakan pada wajah tubuh untuk waktu yang lebih lama. Jerawat jamur steroid akan mulai mereda setelah prednison dihentikan. Selama pengobatan prednison, pengobatan topikal yang efektif berdasarkan benzoil peroksida dan sampo ketoconazole dapat mengendalikan wabah.

  • Masker COVID: Jika jerawat jamur Anda ada di bagian bawah wajah dan sekitar mulut, itu mungkin disebabkan oleh masker wajah COVID Anda. Masker bedah sekali pakai terbuat dari polypropylene, sejenis plastik yang menahan kelembapan dan panas di bawah masker. Lingkungan ini menyediakan kondisi perkembangbiakan yang sangat baik untuk bakteri dan jamur dan, pada gilirannya, meningkatkan risiko jerawat biasa dan jamur. Solusi terbaik untuk masker ini adalah menggunakan masker kapas yang diresapi dengan ion tembaga dan perak antibakteri/antijamur. Periksa tautan ini untuk info lebih lanjut.

  • Malassezia furfur merupakan organisme uniseluler dengan diameter 2,0-6,5 mikrometer.

    Apa pengobatan terbaik untuk jerawat jamur, menurut dokter kulit?

    Jerawat jamur bisa membandel dan sulit diobati—jika Anda tidak menggunakan produk jerawat jamur yang tepat! Dikatakan demikian, dengan menerapkan rutinitas perawatan kulit jerawat jamur yang baik dengan perawatan topikal yang tepat, termasuk obat antijamur dan obat jerawat yang ditargetkan, adalah mungkin untuk mengobati jerawat jamur secara efektif dan sangat cepat.

  • Shampoo Anti-Jamur/Body Wash: Shampo perawatan jerawat jamur terbaik mengandung ketoconazole 2% (AKA, sampo anti-ketombe, Nizoral). Meskipun sering disebut "sampo", mereka dapat mengobati infeksi jamur pada rambut dan wajah, serta tubuh. Gunakan ini setiap hari selama setidaknya dua bulan untuk hasil yang optimal. Biarkan larutan di kulit Anda selama sekitar 3-5 menit dan bilas. Setelah jerawat jamur dibersihkan, seseorang harus terus menggunakan sampo ini seminggu sekali selama setidaknya tiga bulan tambahan untuk mencegah kekambuhan.

    Resep: karena krim ketoconazole 2% hanya tersedia sebagai resep, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter keluarga Anda untuk mendapatkan resep segera.

    Over-the-counter: jika menemui dokter bukanlah pilihan, Anda dapat mencoba Nizoral AD dengan ketoconazole 1%. Anda juga dapat mencoba sampo ketombe lainnya Selsun Blue dan Head and Shoulders.

    -> Catatan: Beberapa Dermatologists merekomendasikan sampo dengan Zinc Pyrithione (kepala dan bahu). Meskipun Zinc Pyrithione adalah agen antijamur dan keratolitik ringan, penelitian telah menunjukkan bahwa itu kurang efektif daripada ketoconazole dalam menghambat Malassezia.
  • Obat Jerawat Pembersih: Pembersih kelas medis dengan asam salisilat dan ekstrak teh hijau akan membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan secara signifikan meningkatkan efek sampo Nizoral pada jerawat jamur. Gunakan ini pada malam bergantian dengan sampo antijamur Anda.
  • Krim Perawatan Jerawat terbaik untuk jerawat jamur di wajah: Untuk menghilangkan jerawat jamur dengan cepat, ada kebutuhan untuk membuka pori-pori kulit dan melawan ragi dan bakteri kulit yang berbahaya. Untuk mengatasi jerawat jamur Anda (dan jerawat lainnya) yang Anda miliki dengan cepat, pertimbangkan untuk menambahkan krim perawatan jerawat malam hari dengan asam salisilat (BHA) atau benzoil peroksida. Dikombinasikan dengan dua pembersih Anda, krim ini akan membantu menghilangkan dan menghancurkan bakteri (jerawat) dan jamur saat bersentuhan. Benzoil peroksida adalah bahan tunggal terbaik (antimikroba) untuk melawan bakteri jerawat dan ragi. Asam salisilat adalah keratolitik dan memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur. Ini adalah asam hidroksi yang larut dalam minyak yang berarti ia melakukan pekerjaan yang baik untuk melarutkan semua jamur yang menumpuk di dalam pori-pori yang tersumbat.

    -> untuk menemukan krim perawatan obat (+ pembersih dan pelembab) yang tepat untuk kulit Anda, ikuti analisis kulit MDacne gratis.
  • Krim Perawatan Jerawat terbaik untuk jerawat jamur di tubuh: Kulit tubuh lebih tebal dan dapat mentolerir perawatan yang lebih manjur daripada wajah. Cara terbaik untuk melawan jerawat jamur pada tubuh adalah dengan krim yang mengandung benzoil peroksida 5% dan minyak pohon teh. benzoil peroksida akan menghancurkan bakteri (jerawat vulgaris) dan jamur pada kontak, dan minyak pohon teh dengan membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan jamur. Contoh yang sangat baik dari pembersih tubuh dan kit perawatan anti-jerawat tubuh adalah Duo perawatan jerawat tubuh MDacne.
  • Pelembap Bebas Minyak: Sangat penting untuk melembabkan kulit Anda dengan jerawat jamur dengan pelembab anti-jerawat jamur. Ini sangat penting ketika menggunakan produk obat kuat di atas, menyebabkan beberapa kekeringan dan iritasi awal (di atas jerawat jamur yang sudah gatal!). Namun, pastikan Anda menggunakan pelembap bebas minyak sehingga Anda tidak memberi ragi lebih banyak lagi makanan favorit mereka!
  • Kebersihan: Pastikan Anda memakai pakaian bersih setiap hari. Saat berolahraga, ganti pakaian yang berkeringat secepatnya dan bersihkan dengan lap bebas minyak sampai Anda dapat membersihkannya dengan benar di kamar mandi.
  • Diet: Berpegang teguh pada diet yang tepat dapat menjadi tambahan yang baik untuk rutinitas perawatan kulit jerawat jamur Anda. Pertimbangkan untuk mengurangi asupan gula untuk beberapa waktu—termasuk buah-buahan tinggi gula dan karbohidrat sederhana yang cepat terurai menjadi gula—sampai kondisi kulit Anda membaik.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan jerawat jamur?
  • Bisakah masker covid menyebabkan lebih banyak jerawat jamur?

    Ya mereka melakukanya. Lingkungan terbaik untuk jamur adalah tempat yang lembab dan hangat. Area masker bertindak sebagai inkubator, menyediakan lingkungan terbaik bagi jamur kulit untuk berkembang dan menyebabkan jerawat di bawah masker. Jamur yang menumpuk di kulit di bawah masker dan di folikel rambut menyumbat pori-pori kulit dan memicu kemerahan dan peradangan.

    Masker bedah sekali pakai, terbuat dari plastik dan masker kain sintetis lainnya, meningkatkan panas dan kelembapan di lingkungan lembab di bawah masker dan meningkatkan risiko masker.

    Menggunakan antibiotik untuk mengobati jerawat di bawah topeng secara paradoks dapat meningkatkan risiko maskne jamur. Antibiotik topikal seperti eritromisin atau klindamisin dan antibiotik oral minocycline dan doxycycline menghancurkan bakteri yang memungkinkan jamur tumbuh berlebihan dan menggantikannya.

    Bagaimana membedakan maskne bakteri biasa dari maskne jamur?

    Seperti tempat lain di wajah, fugal maskne biasanya akan bermanifestasi sebagai benjolan merah kecil yang identik dan gatal. Sebaliknya, masker bakteri biasa biasanya terdiri dari kelompok jenis yang berbeda, ukuran yang berbeda dari jerawat yang tidak gatal.

    Bagaimana cara mencegah dan mengobati jamur maskne?

    Semua orang harus menggunakan masker covid. Konon, jenis masker itu penting.

    Pencegahan terbaik dari jerawat jamur akan menggunakan masker kapas yang lebih disukai diresapi dengan tembaga dan perak anti-jamur. Perawatan harus mencakup pembersih lembut yang memiliki efek antijamur.

    Pembersih dengan asam salisilat dan ekstrak teh hijau dapat membantu dan tersedia. Sama seperti jenis jerawat jamur lainnya, penggunaan sampo Nizoral setiap hari diharapkan menjadi tambahan yang sangat baik untuk rutinitas perawatan kulit Anda.

    Krim perawatan over-the-counter terbaik untuk maskne mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat yang bersifat anti-bakteri dan antijamur. Topikal atau antibiotik harus dihindari.

    Jerawat / folikulitis jamur dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun jika tidak diobati dengan benar. Jika dirawat dengan produk yang tepat, itu dapat mulai jelas hanya dalam beberapa hari, dengan peningkatan yang signifikan hanya dalam hitungan minggu. Kasus yang lebih parah mungkin membutuhkan waktu lebih lama tetapi biasanya merespons dengan perawatan yang sama ini.

    Bagaimana cara menggunakan Nizoral untuk jerawat jamur?

    Jerawat jamur, alias pityrosporum folliculitis, disebabkan oleh jamur yang sama yang menyebabkan ketombe. Jika Anda sedang berjuang melawan jerawat tampaknya tidak mengalah menggunakan produk yang dipasarkan untuk mengobati jerawat, Anda harus mencari produk jamur seperti Nizoral. Sampo nizoral didasarkan pada obat antijamur yang disebut ketoconazole. Ini mengurangi tingkat jamur pada kulit dan biasanya digunakan untuk mengobati jerawat ketombe ketika resisten terhadap terapi lain. Nizoral mengobati infeksi jamur, mengurangi pertumbuhan berlebih jamur pada kulit, dan mencegah jerawat jamur.

    Anda dapat menggunakan sampo Nizoral setiap hari, atau setiap hari, selama tiga minggu. Gunakan sebagai cairan pembersih. Biarkan di kulit untuk melakukan tugasnya, jadi Anda harus mengoleskannya, menyabuni, dan menghitung sampai 30 sebelum membilasnya.

    Berapa lama penggunaan Nizoral untuk jerawat jamur?

    Anda akan melihat pengurangan jerawat jamur Anda untuk orang-orang dengan jerawat jamur dalam 3-4 minggu. Setelah jerawat jamur Anda hilang, gunakan dua kali seminggu untuk perawatan selama beberapa bulan lagi.

    Bisakah saya menggabungkan sampo Nizoral dengan perawatan lain?

    Shampo Nizoral bekerja sangat baik dengan asam salisilat, asam beta-hidroksi yang membantu mengurangi produksi minyak dan sel-sel mati dari kulit untuk menjaga pori-pori tetap bersih.

    Apa yang tidak boleh dilakukan ketika Anda memiliki jerawat jamur?

    Untuk hasil yang optimal, hindari pelembab berminyak dan hindari antibiotik topikal. Hindari penggunaan minyak kelapa dan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut yang dapat menyebabkan jerawat di dahi.

    Apakah ada manfaat lain menggunakan sampo Nizoral?

    Nizoral adalah sampo perawatan ketombe. Jika Anda memiliki kulit kering dan bersisik di kulit kepala Anda, Nizoral dapat membantu. Orang dengan kaki atlet dapat memperoleh manfaat dari penggunaan Nizoral sekali atau dua kali sehari—pastikan untuk mengeringkan area yang dirawat dengan baik, karena jamur tumbuh subur di area yang hangat dan lembab.

    Apakah ada efek samping Nizoral?

    Menggunakan sampo Nizoral biasanya sangat aman. dalam kasus yang jarang terjadi, orang yang menggunakan normal dapat mengalami beberapa gatal atau ruam alergi di area perawatan; wanita hamil dan menyusui harus menghindari Nizoral.

    Apakah minyak pohon teh membantu mengobati jerawat jamur?

    Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa minyak pohon teh (AKA Melaleuca alternifolia) memiliki sifat antijamur yang kuat—terutama terhadap Malassezia, penyebab utama jerawat jamur. Minyak pohon teh harus dikombinasikan dengan asam salisilat atau benzoil peroksida untuk menembus pori-pori kulit yang tersumbat. Produk terbaik untuk melawan jamur jerawat di wajah harus bebas minyak (tidak memberi makan jamur dengan minyak) dan mengandung benzoil peroksida dan minyak pohon teh. Dalam kasus jerawat jamur / folikulitis yang parah, ada kebutuhan untuk menggunakan tablet antijamur oral seperti flukonazol.

    Masker wajah COVID terbaik untuk orang dengan jerawat biasa dan jamur

    Referensi:

    Malassezia (Pityrosporum) Folikulitis

    Pityrosporum folliculitis: diagnosis dan manajemen pada enam remaja perempuan dengan akne vulgaris

    Jerawat steroid vs. Pityrosporum folliculitis: kejadian Pityrosporum ovale dan efek obat antijamur pada jerawat steroid

    Diagnosis banding jerawat wajah pada kulit hitam.

    Mikroorganisme yang menghuni isi folikel jerawat wajah tidak hanya Propionibacterium tetapi juga Malassezia spp.

    Untuk menemukan perawatan jerawat yang tepat untuk kulit unik Anda, ikuti penilaian kulit gratis dengan mengklik di sini.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *